Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Jenis Plastik Ramah Lingkungan yang Bisa Dipakai di Rumah

Hadirnya inovasi plastik ramah lingkungan memang menjadi solusi penggunaan plastik sintetis yang penggunaannya bisa memberikan dampak buruk untuk lingkungan. Sebab, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat menguraikan jenis plastik tersebut. Hadirnya plastik jenis ini juga turut berkontribusi dalam mengurangi jumlah sampah plastik yang sulit diuraikan di lingkungan Anda.

Jenis-jenis Plastik Ramah Lingkungan yang Aman

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis plastik yang masih bisa Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari. Karena jenis plastik ini adalah plastik yang ramah lingkungan dan aman digunakan. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Bioplastik

Salah satu jenis plastik yang aman dan ramah lingkungan serta bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah bioplastik. Jenis plastik ini dibuat dari jamur atau pati jagung. Hasilnya menjadi bioplastik berbahan alami yang disebut dengan polylactic acid (PLA). Ciri utama dari bioplastik ini adalah memiliki tampilan yang hampir mirip dengan polyethylene dan polypropylene. Kedua bahan tersebut merupakan dua jenis plastik yang dibuat dari bahan petrokimia.

2. Plastik Biodegradable

Salah satu jenis plastik yang mudah terurai adalah plastik biodegradable. Jenis plastik ini dibuat dari bahan alami yang terbarukan, atau bisa juga dibuat dari bahan petrokimia tradisional. Bahan tambahan pada pembuatan plastik ini membuat sampah bisa menjadi lebih terurai. Dan penguraiannya dilakukan oleh oksigen/sinar.

3. Plastik Eco

Plastik yang dibuat dari proses atau bahan daur ulang dari beberapa bahan plastik yang juga dibuat dari bahan petrokimia, yang bisa dipakai kembali. Plastik ini tak akan diproduksi menjadi jenis plastik yang sama seperti sebelumnya. Namun dibuat menjadi plastik yang kualitas bahannya lebih rendah dari yang sebelumnya. Biasanya beberapa produk yang menggunakan jenis plastik eco ini bukan jenis produk yang sekali pakai. Namun jenis produk yang bisa digunakan beberapa kali bahkan dalam jangka waktu yang lama.

Keuntungan Menggunakan Plastik yang Ramah Lingkungan

 

Keuntungan penggunaan jenis plastik yang ramah lingkungan terletak pada lama penguraiannya yang lebih cepat. Penguraian plastik yang ramah lingkungan tidak selama jenis plastik lainnya. Terutama pada jenis plastik bioplastik dan biodegradable. Tentunya hal ini akan sangat berkontribusi baik bagi kelestarian lingkungan hidup dan alam kita.
Bioplastik juga bisa digunakan kembali untuk dijadikan pupuk kompos. Sedangkan untuk keunggulan dari jenis plastik eco adalah untuk mengurangi limbah plastik karena produknya masih bisa dipakai lagi dalam jangka waktu yang lama. Namun jenis plastik ini belum bisa terurai secepat jenis bahan-bahan organik. Namun waktu penguraiannya juga tidak selama plastik pada umumnya. Hanya diperlukan 3 bulan untuk plastik ramah lingkungan ini bisa terurai.

Itulah beberapa jenis plastik ramah lingkungan yang bisa Anda gunakan dalam pemakaian sehari-hari. Seperti jenis bioplastik, plastik biodegradable, dan plastik eco. Selain itu, dengan menggunakan berbagai jenis plastik yang ramah lingkungan tersebut, Anda juga telah turut serta terhadap kelestarian lingkungan.

Informasi lain terkait kesehatan dan lingkungan sehat lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur tanya ahli yang ada di Daya.id untuk langsung berkonsultasi dengan dokter dalam menjawab semua keluhan kesehatan Anda. Semuanya bisa diakses dengan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

 

Diolah dari berbagai sumber